Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum PS Pendidikan IPA dirancang mendasarkan kepada kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) KKNI level 6. Kurikulum PS Pendidikan IPA terdiri dari Kelompok Matakuliah Institusional Universitas sebanyak 8 SKS, Kelompok Matakuliah Institusional Fakultas sebanyak 8 SKS, Kelompok Matakuliah Wajib sebanyak 129 SKS, dan Kelompok Matakuliah pilihan sebanyak 36 SKS. Total SKS yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebanyak 145 SKS.
Kurikulum memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi PS. Kurikulum memuat matakuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi matakuliah, silabus, rencana pembelajaran semester (RPS) dan evaluasi yang tertuang dalam pedoman akademik pendidikan IPA FKIP UNEJ dan diupload dalam SISTER UNEJ.
Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Profil dan profesi lulusan yang akan dihasilkan oleh Prodi Pendidikan IPA FKIP UNEJ diharapkan dapat mengisi peluang kerja sebagai berikut:
  1. Tenaga Pendidik IPA di SMP/MTs
  2. Peneliti Pemula Pendidikan IPA
  3. Pengelola Kependidikan
  4. Pengelola Laboratorium IPA di SMP/MTs
Adapun capaian pembelajaran (learning outcome) pendidikan IPA S1 adalah sebagai berikut:
NO
CAPAIAN PEMBELAJARAN
SUMBER
A. ASPEK SIKAP
1
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
2
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
4
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
5
Bekerja sama dan memiliki kepekaan
sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
6
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
7
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
8
Menunjukkan sikap bertanggungjawab
atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
9
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
10
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
11
Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya
pertanian /perkebunan yang berkembang di masyarakat.
Rumusan prodi IPA UNEJ
B. ASPEK PENGETAHUAN
1
Menguasai prinsip dan teori pendidikan IPA di sekolah
2
Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah, baik perkembangan fisik, psikologis, dan
sosial.
Hasil Asosiasi MIPA-net Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2014 di Sidoarjo. Sudah diunggah ke Dirjen Dikti.
3
Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah menengah pertama
meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan PKn.
4
Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang
inovatif sebagai guru IPA di sekolah menengah pertama
5
Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama.
6
Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat menyelesaikan permasalahan pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama.
7
Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan pembelajaran IPA untuk menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam
pembelajaran.
8
Menguasai konsep dan prinsip berwawasan lingkungan untuk mengembangkan karakter peserta didik di
sekolah menengah pertama.
Rumusan prodi IPA UNEJ
9
Menguasai pengetahuan tentang potensi alam dan kearifan lokal bidang pertanian/perkebunan, serta upaya pemanfaatan dan pelestariannya melalui
pendidikan IPA di sekolah menengah pertama.
10
Menguasai teori pendidikan bilingual di sekolah menengah pertama.
C1. ASPEK KETERAMPILAN UMUM
1
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
Lampiran Permendikbud nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
2
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
3
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi dan menggunggahnya dalam laman perguruan
tinggi.
4
Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam
bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
5
Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang
keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
6
Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega,
sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaga.
7
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan
yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
8
Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah
tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
9
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
C2. ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS
1
Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah menengah pertama secara bertanggung jawab.
Hasil Asosiasi MIPA- net Indonesia yang ditetapkan pada tahun 2014 di Sidoarjo. Sudah diunggah ke Dirjen Dikti.
2
Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial
melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah menengah pertama.
3
Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah menengah pertama meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dan PKn. melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode
saintifik sesuai dengan etika akademik.
4
Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan
sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah menengah pertama secara mandiri.
5
Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah
menengah pertama secara berkelanjutan.
6
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan IPA secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan
tinggi.
7
Mampu menerapkan layanan bimbingan pendidikan IPA di sekolah menengah pertama untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma
yang berlaku.
8
Menguasai konsep dan prinsip berwawasan lingkungan untuk mengembangkan karakter peserta didik di sekolah menengah pertama.
Rumusan prodi IPA UNEJ
9
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran muatan lokal tentang potensi alam dan kearifan lokal bidang pertanian/perkebunan, serta upaya pemanfaatan dan pelestariannya di sekolah menengah
pertama.
10
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dalam dua bahasa (bilingual indonesia dan inggris) di sekolah
menengah pertama.