Semenjak HMPS Pendidikan IPA ASE berdiri, HMPS ASE langsung bergerak cepat dengan melaksanakan berbagai program kerjanya dan salah satu capaian yang luar biasa adalah bergabungnya HMPS ASE dalam Formipa (Forum Mahasiswa Pendidikan IPA) Indonesia.

HMPS ASE bergabung dengan Formipa pada tahun 2017 lalu di Semarang dengan mengirimkan delegasi 2 orang yaitu Ketua Umum Riski Yani dan Sekretarisnya Dewi Masitoh, dan tahun 2018 ini HMPS ASE kembali mengikuti kegiatan Formipa yaitu Munas VII yang diadakan oleh tuan rumah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten. HMPS ASE datang dengan 3 orang delegasi yaitu Ketua Umum Dwi Yoga Brillianto dan Wakilnya Said Wildan serta Sekretaris 2 nya Umi Nur Faizzah.

For your information, Formipa adalah Forum Mahasiswa Pendidikan IPA Indonesia. Formipa didirikan pada tahun 2007 dengan anggota pertama Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Founding Father. Pertama kali didirikan dengan nama Formipa Kartabaya akan tetapi hanya dalam batas kerjasama dan silaturahmi biasa. Kemudian pada tahun 2009 Universitas Negeri Semarang mendirikan Program Studi Pendidikan IPA dan akhirnya bergabung dan Formipa Kartabaya berganti nama menjadi Formipa Nusantara. Kemudian pada tahun 2011 lah diadakan Musyawarah Nasional yang pertama di Universitas Negeri Semarang sekaligus pengesahan menjadi Formipa Indonesia yang diikuti oleh 5 Perguruan Tinggi. Pada tahun 2016 terdapat 9 Perguruan Tinggi yang bergabung, dan hingga sekarang terdapat Program Studi Pendidikan IPA dari 22 Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Formipa Indonesia ini.

Formipa Indonesia ini berkedudukan disetiap perguruan tinggi anggota Formipa dan berpusat di Perguruan Tinggi tempat Ketua Umum. Pada periode 2016-2018 Ketua Umum Formipa adalah Syah Ridlo Ilhami dari Universitas Negeri Semarang.

Munas VII ini dilaksanakan 3 hari mulai tanggal 9 hingga 11 maret 2018, diantara kegiatan tersebut adalah Laporan Pertanggung Jawaban Kepengurusan periode 2016-2018 sekaligus reformasi untuk Kepengurusan periode 2018-2020. Munas VII Formipa ini diikuti oleh 20 Universitas di Indonesia yang 2 diantaranya dari Jember yaitu Universitas Jember dan IAIN Jember.

Kegiatan kegiatan dalam Munas ke VII Formipa ini diantaranya Seminar Nasional tentang Kearifan Lokal, Laporan Pertanggung Jawaban Periode 2016-2018, sharing antar Perguruan Tinggi, pemilihan Ketua Umum Formipa, outbond, perjalanan ke Museum Negeri Banten, dan perjalanan wisata ke Pantai Anyer.

Pemilihan Ketua Umum untuk periode 2018-2020 dimenangkan oleh Muhammad Anizar Bayhaqi dari IAIN Jember. Dalam Munas VII Formipa ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama 20 Perguruan Tinggi peserta Munas. Selain itu kegiatan Formipa juga sangat bermanfaat apalagi bagi HMPS ASE yang baru berumur 1 tahun pada 19 Januari 2018 lalu. Pada kepemimpinan Syah Ridlo Ilhami yaitu periode 2016-2018 Formipa mengalami perkembangan yang sangat pesat dari yang mulanya 9 Perguruan Tinggi menjadi 22 Perguruan Tinggi. Memang akhir-akhir ini banyak sekali didirikan Program Studi Pendidikan IPA di setiap Perguruan Tinggi.

FYI, Dalam Munas VII tersebut juga disepakati bahwasannya Munas diadakan dua tahun sekali dan Plenas atau Pleno Nasional diadakan satu tahun sekali. Untuk Pleno Nasional pada tahun 2019 telah disepakati bahwa Tuan Rumahnya ialah Universitas Negeri Makassar, sementara itu Munas VIII yang diselenggarakan tahun 2020 Universitas Negeri Yogyakarta lah yang menjadi Tuan Rumahnya. Nah, untuk Teman-teman yang ingin mengikuti Plenas di Makassar atau Munas VIII di Yogyakarta segera siapkan uang sakunya mulai sekarang yaa..:)