1  Kompetensi Utama Lulusan Program Studi S1 Pendidikan IPA
Lulusan program studi S1 Pendidikan IPA memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. Kompetensi Pedagogik: Mempersiapkan pendidikan dan pembelajaran yang relevan dengan Pendidikan IPA dengan cara penguasaan dasar-dasar kependidikan dan model-model pendekatan serta metode pembelajaran.
  2. Kompetensi Kepribadian: Kecakapan untuk mengembangkan manusia yang berpengetahuan luas dalam bidang disiplin ilmu yang ditekuninya dan berwawasan global serta berakhlak mulia sehingga dapat berinteraksi dengan baik terhadap oranglain. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan kehidupan serta dapat berperilaku hidup sehat sehingga dapat hidup berdampingan satu sama lain dengan baik serta mampu mengelola dan memproduksi sumber daya alam di sekitarnya dengan baik dan benar. .
  3. Kompetensi Profesional: Kecakapan dalam membangkitkan perkembangan kognitif, afektif, psikomotorik, sosial emosi, dan bahasa siswa pada matapelajaran IPA dengan cara melaksanakan penelitian ilmiah, melaporkan hasil penelitian ilmiah dalam bentuk tulisan karya ilmiah,menyusun dan menyesuaikan lingkungan dengan media pembelajaran serta model-model pembelajaran.
  4. Kompetensi Sosial: Kecakapan dalam menyesuaikan diri dalam berinteraksi dan mengikuti perkembangan yang terjadi di masyarakat.

2  Kompetensi Pendukung Lulusan Program Studi S1 Pendidikan IPA
Selain memiliki kompetensi utama sebagai pendidik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) , lulusan S1 Pendidikan IPA Universitas Jember disuplai    dengan kompetensi pendukung sebagai landasan dasar untuk mengembangkan karir sebagai Pengelola Pendidikan IPA dan Pengawas Pendidikan IPA.  Kompetensi pendukung tersebut antara lain :

  1. Kompetensi Manajerial: Pemahaman konseptual dan metodologis organisasi, penyusunan perencanaan, pelaksanaan,pengendalian, pengembangan, dan organisasi sumber daya satuan Pendidikan IPA.
  2. Kompetensi Kewirausahaan: Kepekaan menangkap kebutuhan masyarakat,menciptakan inovasi di bidang Pendidikan IPA, dan potensi dalam mencari solusi.
  3. Kompetensi Supervisi Pendidikan: Pemahaman konseptual dan metodologis mengenai tindak lanjut supervisi akademik, manajemen, perencanaan dan pelaksanaan satuan Pendidikan IPA.
  4. Kompetensi Penelitian dan Pengembangan: Kemampuan identifikasi masalah, menyusun argumen teoritis dan menerapkan metode-metode ilmiah untuk memahami, menerapkan dalam pengembangan layanan dan memecahkan masalah di satuan Pendidikan IPA.

Kompetensi pendukung lulusan sangat bermanfaat bagi lulusan salah satunya yaitu memberi kesempatan bagi lulusan untuk meningkatkan karir sebagai pengawas satuan Pendidikan IPA, mengelola lembaga Pendidikan IPA, dan mendirikan satuan Pendidikan IPA.

3  Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan Program Studi S1 Pendidikan IPA
Selain kompetensi utama dan kompetensi pendukung pada tabel di atas, mahasiswa Prodi S1 Pendidikan IPA dapat memilih untuk mengembangkan kompetensi di dalam bidang-bidang Pendidikan IPA, ilmuwan di bidang Pendidikan IPA dan pengembangan media pembelajaran edukatif sesuai dengan bidang ilmu Pendidikan IPA.

Selain itu, lulusan S1 Pendidikan IPA diharapkan nantinya berkompeten dalam hal:

  1. Sikap yang baik dalam hal hubungan interpersonal (sikap positif, membangun tim, inisiatif, integritas, dan kepemimpinan) dalam dunia kerja.
  2. Memiliki kemampuan untuk bekerja sesuai dengan perkembangan teknologi.
  3. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi yang lugas, logis, efektif, dan efisien.

Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.