Kuliah Pakar Development of Socioscientific Issue Progams oleh Gahyoung Kim, Ph.D

Development of Socioscientific Issue Progams I

  1. Socioscientific Issue (SSI)

Sains dan teknologi mempunyai banyak keuntungan serta banyak menimbulkan masalah juga (karena banyak ketidakpastian yang muncul).  Sains dan teknologi selalu menimbulkan dua sisi, kompleksitas dan ketidakpastian. Kompleksitas mencakup stakeholders, konteks, pengetahuan dan kondisi. Ketidakpastian mencakup NOS dan perubahan lingkungan. Semakin berkembangnya sains dan teknologi maka akan semakin memperbesar kompleksitas dan ketidakpastian sehingga resiko yang ditimbulkan pada masyarakat semakin besar. Hal ini melatarbelakangi mengapa siswa harus dikenalkan socioscientific issue. Yang harus diperhatikan dalam mengajar dengan pendekatan SSI antara lain :

  • Moral dan ethical issues : Dalam hal ini masalah etik dan moral dari issue artinya bagaimana stakeholder (bagaimana konsumen, masyarakat, pemerintah, solusi dan dampaknya dari issue)
  • Multiperspektif : Siswa harus dapat mengembangkan multiperspektif (perspektif dari satu lapisan masyarakat ke masyarakat lainnya) seperti bukan hanya dari sisi saintis tetapi juga dari sisi lainnya seperti aktivis sosial dll.
  • Critical thinking : Siswa difasilitasi untuk memunculkan berpikir kritis, karena dalam socioscientific issue memikirkan pro dan kontra untuk mengatasi masalah.

  1. Community-based SSI Programs (SSI COMM)

SSI community model merupakan hasil penelitian S3 oleh Gahyoung Kim Ph.D. yang dibimbing oleh Prof. Lee. SSI COMM model adalah integrasi kelas berbasis SSI dengan komunitas. Sintaks SSI COMM terdiri dari :

  1. Identifiying an Issue

Step ini mengajarkan pembukaan kelas harus berkesan (fun, no boring), menimbulkan chemistry yang kuat agar siswa masuk pada dunia issue yang akan dibahas. Oleh karena itu dianjurkan membahas issue lokal yang sangat erat dengan kehidupan siswa.

  1. Research on the issue

Setelah menyajikan masalah, siswa mengeksplore/research mengenai masalah yang disajikan dengan membaca, berhipotesa, berdiskusi untuk memahami masalah dalam rangka menemukan solusi.

  1. Sharing

Dalam step ini terjadi diskusi dan membuat konsesus dari issue. Sharing dalam hal ini mendapatkan masalah dari komunitas, dan merancang solusi untuk kembali ke komunitas.

  1. Action-taking

Rancangan solusi, argumentasi dan nilai-nilai yang muncul dari siswa dikembalikan ke komunitas sebagai bentuk kontribusi. Sehingga siswa tahu tindakan mereka kepada komunitas atau lingkungan.

Contoh high issue di Korea adalah issue “fine dust” dimana terjadi polusi udara yang sangat membuat perubahan kondisi langit di seoul : pada Maret 2018 terlihat Namsan Tower, pada Maret 2019 sudah tidak terlihat Namsan Tower. Sajian issue “fine dust” dalam model SSI-COMM dapat terlihat dibawa ini :

Kelas Sintaks Komunitas
Activities :

·       Mencari data

·       Menggambar peta wilayah terdampak “fine dust

Scientific Knowlwdge :

·       Pasir gurun vs fine dust

·       Karakteristik fine dust

 

Identifying an issue Activities :

·       Observasi pada komunitas

·       Mengunjungi intitusi lokal dan fasilitas lokal

·       Tanya jawab pada seseorang yang ahli lokal

Scientific Knowlwdge :

·       Status fine dust di area lokal

·       Penyebab fine dust

 

Activities :

·       Eksperimen 1 : observasi masker

·       Eksperimen 2 :

Permeabilitas masker

Scientific Knowlwdge :

·       Struktur beragam masker

·       Prinsip dari filter masker

 

 

Research on the Issue Activities :

·       Membuat pertanyaan wawancara

·       Wawancara ahli lokal mengenai issue

Scientific Knowlwdge :

·       Penyakit yang disebabkan fine dust

·       Organ respirasi

·       Paru-paru dan alveolus

·       Lokasi layanan kesahatab

 

Activities :

·       Cuci tangan dengan sinar UV

·       Pembuatan sabun

Scientific Knowlwdge :

·       Sinar UV

·       Proses pembuatan sabun

 

Sharing Activities :

·       Survey penduduk mengenai masalah lokal

·       Statistik dari data survey

·       Solusi dari data survey

Scientific Knowlwdge :

·       Persepsi issue oleh penduduk lokal

 

Activities :

·       Ide untuk mengurangi fine dust

Scientific Knowlwdge :

·       Status global dari fine dust

 

Action Taking Activities :

·       Mengunjungi pusat

·       Representasi dari fine dust

·       Donasi masker dan sabun

Scientific Knowlwdge :

·       Persepsi penduduk lokal mengenai issue

·       Lokasi layanan kesehatan masyarakat

·       Fine dust

 

 

 

 

 

 

 

Translate »