Pendidikan IPA mengharapkan seluruh mahasiswa berprestasi disegala bidang, tidak hanya baik dalam bidang akademik namun juga baik dalam non akademik. Salah satu cara agar mendapat prestasi non akademik adalah mengikuti kegiatan ektrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengembangkan kepribadian,  bakat, dan kemampuan dalam berbagai bidang di luar bidang akademik

Akhir- akhir ini salah satu mahasiswa Pendidikan IPA telah mendapatkan prestasi yang menonjol dalam bidang non akademik.

Dwi Noviantoro Dharma(21), mahasiswa Pendidikan IPA angkatan 2016, mendapatkan juara 3 kelas kumite-55kg senior putra dalam Kejuaraan Karate-DO INKANAS Sejawa Timur Piala Kapolres Blitar, Piala Sensei Hj. Titik Prasetyowati Verdi. SE,SH,MH, Piala Kepala BNN Kab. Blitar, pada,17-18 Maret 2018 di Aula Kampung Coklat Blitar. Selain itu pada tanggal, 23-25 maret 2018 Dwi juga mengikuti Kejuaraan Karate Piala Rektor Universitas Jember Ke-III 2018 antar Pelajar dan Mahasiswa/Umum se Jawa Timur yang dilaksanakan di Gedung Soetarjo Universitas Jember dan mampu membawa mendali perak rektor juara 2 dari belasan peserta dalam kelas kumite-61kg senior putra.

“Saya yakin semua itu bisa saya lewati dengan doa dan restu orang tua dan jalani dengan santai serta penuh kesabaran” ujar Dwi saat diwawancarai. “Jika gagal jangan pernah mengeluh, jangan pernah putus asa, karena orang yang sering mengeluh adalah orang yang tak mau berusaha. Jika berhasil itu adalah bonus istimewa dari usaha yang kita lakukan”, tambahnya. Dwi juga berpesan untuk mahasiswa lainnya, “Teruslah berkarya untuk negeri ini sekarang, kalau bukan kita siapa lagi kalau bukan sekarang kapan lagi, temui bakatmu dibidang yang sesuai, terus asah jangan sampai tumpul”.

Dengan pencapaian tersebut diharapkan dapat memotivasi mahasiswa Pendidikan IPA yang lain, bahwasanya tidak ada yang tidak mungkin jika kita bersungguh-sungguh dan dapat membagi waktu dengan baik, maka apapun prestasi yang kita harapkan akan terwujud.