Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA didirikan oleh mahasiswa angkatan pertama pendidikan IPA. Sebelumnya program studi pendidikan IPA berdiri di Universitas Jember pada tahun 2015, tetapi baru dibuka pendaftaran pertama melalui seleksi mandiri pada tahun ajaran 2016/2017. HMPS Pendidikan IPA berdiri dengan nama yang menggunakan nama bahasa Inggris yaitu Association of Science Education atau lebih dikenal dengan HMP ASE. HMPS Pendidikan IPA ASE resmi didirikan pada tanggal 19 Januari tahun 2017. Dengan Surat Keterangan yang ditandatangani oleh Ketua program studi Prof. Dr. Indrawati, M.Pd dan Wakil Dekan III Dr. Sukidin, M.Pd.

Awal mula berdirinya HMPS IPA ASE adalah dengan adanya sosialisasi pertama yang dilaksanakan oleh BEM FKIP dan sosialisasi kedua oleh BPM FKIP. HMPS Pendidikan IPA ASE berdiri dengan dilaksanakannya Rapat Besar anggota Pendidikan IPA pada tanggal tersebut dan baru dilaksanakan pelantikan Pengurus pada tanggal 3 Februari tahun 2017.

Ketua Umum HMPS Pendidikan IPA ASE yang pertama adalah Riski Yani, dan dibantu dengan 2 sekretaris dan 2 bendahara dan juga terdapat 4 bidang yaitu, bidang akademik, soft skill, konseling dan bidang minat bakat. HMPS Pendidikan IPA ASE begitu hebat. Pada tahun pertamanya dengan segala keterbatasan yang dialaminya HMPS ASE bisa menyelesaikan 11 proker dalam satu periode. Pada tahun pertamanya HMPS ASE juga mencatatkan sejarahnya yaitu bergabung dengan Forum Mahasiswa Pendidikan IPA Indonesia atau disingkat Formipa Indonesia.