Penarikan Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ipa di Program Asistensi Mengajar FKIP Universitas Jember

Program Asistensi Mengajar merupakan salah satu Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) dalam program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Program asistensi mengajar atau yang biasa disingkat menjadi ASJAR ini diatur dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 yang menyebutkan ada delapan BKP salah satunya asistensi mengajar. Penyelenggaraan program ini tidak lain karena kementrian ingin menyiapkan sarjana-sarjana tangguh, relevan dengan kebutuhan jaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Mahasiswa diberikan hak dan kesempatan yang seluas-luasnya untuk belajar diluar program studi dengan tujuan untuk menambah wawasan, skill, dan kompetensi sesuai dengan passionnya tanpa meninggalkan kewajiban di program studinya. ASJAR berlangsung selama satu semester dengan bobot konversi mata kuliah 20 SKS yang didukung penuh oleh Pemkab Jember dengan menyediakan sekolah-sekolah di Kab. Jember untuk didatangi oleh mahasiswa dan ikut serta dalam penerjunan mahasiswa ASJAR di Alun-alun Kota Jember pada tanggal 29 Juli 2022. Prodi S1 Pendidikan IPA menerjukan sejumlah 39 mahasiswa ke lima sekolah di Kabupaten Jember diantaranya SMPN 6 Jember, SMPN 5 Jember, SMPN 2 Ajung, SMPN 2 Panti, dan MTsN 1 Jember.

ASJAR berlangsung sejak Juli 2022 dan berakhir di bulan Desember 2022. Pada acara penarikan mahasiswa ASJAR tanggal 12 Desember 2022 di salah satu sekolah mitra yakni SMP Negeri 6 Jember berlangsung secara kondusif dan penuh haru. Pasalnya tidak sedikit mahasiwa yang merasa sangat beruntung dan berterimakasih kepada guru-guru yang terlibat di program tersebut, serta menyisakan banyak kenangan bersama guru-guru dan para siswa. Acara penarikan ini dihadiri oleh dosen pembimbing lapanga, waka kurikulum, waka kesiswaan SMPN 6 Jember, dan delapan guru pamong mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Sebanyak 16 mahasiswa, 7 mahasiwa prodi S1 Pendidikan IPA dan 9 mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang telah diserahkan di bulan Juli lalu, dikembalikan oleh pihak sekolah kepada Bapak Dr. Iwan Wicaksono, M.Pd., selaku dosen pembimbing lapangan tanpa kurang satupun.

Proses penyerahan dilakukan oleh waka kurikulum SMPN 6 Jember yakni bapak Drs. H. Sumarjono, S.Pd. yang mewakili bapak kepala sekolah yakni bapak Drs. H. Sukaryadi, M.Pd. Dalam sambutannya, “Kami kembalikan sebanyak 16 mahasiswa  kepada bapak Dr. Iwan Wicaksono, M.Pd. untuk diteruskan kepada pihak kampus. Ini merupakan program yang sangat bagus, sangat bermanfaat bagi mahasiswa FKIP sebagai calon guru di masa depan, kami berharap program ini akan terus berjalan guna pengembangan keterampilan mahasiswa. Harapan kami, mahasiswa bisa mengambil ilmu baik selama satu semester di sekolah ini, yang mana mungkin tidak bisa mereka dapatkan dilingkungan kampus. Ya beginilah lingkungan sekolah nantinya. Semoga seluruh mahasiswa dapat menjadi guru-guru yang professional, yang dapat menjadi suri tauladan yang baik, dan sukses kedepannya”. Dilanjutkan dengan diterimanya penyerahan tersebut oleh bapak Dr. Iwan Wicaksono, M.Pd., “Terimakasih kepada bapak Drs. Sumarjono, S.Pd beserta bapak ibu guru pamong khususnya, saya terima kembali 16 mahasiswa ini untuk dikembalikan ke kampus. Saya juga mengucapkan terimakasih atas kesediaan pihak sekolah menerima mahasiswa kami, semoga pengalaman yang mahasiswa dapatkan bisa menjadi bekal mereka kedepannya dalam menjadi guru khususnya”. Kegiatan penarikan program ASJAR ini ditutup dengan doa bersama, foto bersama, dan penyerahan cinderamata dari mahasiswa kepada pihak sekolah sebagai ucapan terimakasih dan salam perpisahan.

Translate »