Kelompok Riset
1. KERIS 1 Esse (Earth and Space Science Education)
Koordinator Keris ESSE : Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Anggota : 1. Dr. Supeno, S.Pd, M.Si 2. Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd, M.Pd 3. Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd, M.Pd A. Definisi Keris ‘Earth and Space Science and Education (ESSE)’ adalah kumpulan para dosen S1 Pendidikan IPA, yang berfokus dalam pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan secara khas untuk kebutuhan pedagogis mengajar konten yang tepat dalam konteks tertentu. Kerangka (ESSE) berfungsi sebagai sebuah teori dan konsep untuk peneliti dan pendidik dalam mengukur kesiapan calon guru dalam mengajar secara efektif dengan teknologi. Pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten disintesis dan digunakan untuk desain pengalaman belajar siswa. Setiap unsur dari bidang pengetahuan menggambarkan sebuah kebutuhan dan pentingnya aspek dalam proses belajar mengajar. B. Visi dan Misi- Visi:
- Misi:
- Terdapat kajian materi dan karakteristik IPA dan teknologi yang sesuai kebutuhan pembelajaran di sekolah.
- Tersedia kajian teoretis tentang kebutuhan pedagogis mengajar konten yang tepat dalam konteks
- Tersedia kajian empiris tentangn hasil-hasil penelitian penerapan pendekatan dan model pembelajaran yang berbantuan teknologi.
- Terdapat temuan sarana pendukung pembelajaran IPA yang tepat untuk mendukung pemanfataan teknologi.
- Luaran yang Ditargetkan:
- Kajian tentang ‘ESSE dalam pembelajaran IPA’
- Media pembelajaran berbasis ESSE
- Strategi-strategi belajar mengajar berbasis ESSE
- Laboratorium Virtual
- Publikasi: Jurnal, Prosiding, HAKI
- Tingkat Kebaruan:
No | Output |
1 | Buku teks ber-ISBN dengan judul “Media PhET (Physics Education Technology) untuk Pembelajaran IPA di SMP”, yang diterbitkan melalui CV. RFM Pramedia dengan ISBN: 978- 623-6727-70-6. |
2 | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2020 PhET (Physics Education Technology) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan ISSN: 2527 5917 |
3 | Asiyah Handayanti/NIM 160210104022 Judul Skripsi: Pengaruh Media PhET (Physics Education Technology) pada Pembelajaran IPA Materi Getaran dan Gelombang terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMP Tanggal Lulus: 15 September 2020 |
4 | Bella Wisma Gatika Sari/ NIM 160210104029 Judul Skripsi: Penerapan Aplikasi PhET untuk Pembelajaran Materi Suhu dan Kalor di SMP Tanggal Lulus: 7 September 2020 |
5 | Achman Fatoni Azis/NIM 160210104036 Judul Skripsi: Efektivitas Penggunaan Media PhET untuk Pembelajaran IPA Materi Tekanan di SMP Tanggal Lulus: 7 September 2020 |
No | Outcome |
1 | Target akhir penelitian yaitu menghasilkan media pembelajaran simulasi interaktif PhET untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP yang memenuhi kelayakan pada validitas, kepraktisan dan keefektifan. |
2 | Produk buku “Media PhET (Physics Education Technology) untuk Pembelajaran IPA di SMP” yang telah dihasilkan, disebarluaskan kepada Guru mata pelajaran IPA di SMP Eks-Karisidenan Besuki yang telah dipilih menjadi sampel penelitian meliputi: MTsN 1 Jember, SMPN 1 Prajekan Bondowoso, SMPN 5 Situbondo, dan SMPN 2 Srono Banyuwangi. Produk buku ini diharapkan dapat bermanfaat antara lain: media pembelajaran PhET dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis siswa |
3 | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2020 dapat dijadikan sebagai sumber referensi untuk penelitian yang relevan. |
2. KERIS 2 Life Science Education (LSE)
Nama KeRis : Life Science Education (LSE) Level KeRis : Prodi Koordinator KeRis- Nama Lengkap : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd
- NRP : 760016791
- NIDN : 2107028901
- Jabatan Fungsional : –
- Jumlah Anggota KeRis: 4 orang
- Efisiensi & Keterlibatan Anggota Peneliti KeRis dari unsur dosen
No. | Nama | NIP./NIDK | Aktivitas KeRis |
1. | Anjar Putro Utomo, S.Pd., M.Ed | 760016856 | Ketua penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP” |
2. | Vendi Eko Susilo, S.Pd., M.Si | 760015709 | Anggota penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP” |
3 | Ika Lia Novenda, S.Pd., M.Pd | 760014635 | Anggota penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP” |
4 | Siti Murdiyah, S.Pd., M.Pd | 197905032006042001 | Anggota penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP” |
5 | Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd | 760016791 | Anggota penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP” |
6 | Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd | 199009192019032025 | Anggota baru |
7 | Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc | 1988062220192015 | Anggota baru |
8 | Rusdianto, S.Pd., M.Kes | 199007312019031007 | Anggota baru |
- Efisiensi & Keterlibatan Anggota Peneliti KeRis dari unsur mahasiswa
No. | Nama Anggota KeRis sbg DPU/DPA | Nama Mahasiswa Bimbingan | Judul Skripsi/Thesis/Disertasi |
1 | Anjar Putro Utomo, S.Pd., M.Ed (DPA) | NISA DEWI ARISKA DYAH INTAN PRISMASARI (Lulus) RIZKY NUR IZZA BILLAH (Lulus) TRI PUJI SANTOSO (Lulus) ZIDNA QURROTA AINI (Lulus) LAILATUL BULGIS (Lulus) | Identifikasi Dan Distribusi Patogen Layu Semu Di Perkebunan Tembakau Kabupaten Jember Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Panduan Lapang Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hots Siswa Smp (Accepted in JPS https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA) Pengembangan Hands-on and Minds-on Cooked Modul (HMC-Modul) Berbasis Pendekatan Socio-Scientifif Issues (SSI) Outdoor Activites Setting Melalui Agro Karifan Lokal di Area Pegunungan Semeru. Pengaruh Pendekatan STEAM Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Enigineering Process Skills Siswa SMP Di Era 4.0 Etnobotani Tanaman Kopi Oleh Masyarakat Kabupaten Banyuwangi Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Ilmiah Populer (In-Review in https://journal.umy.ac.id/index.php/pt) Pengaruh Pendekatan STEM Dengan Apropriate Technology-Laminar Air Flow Terhadap Literasi Bioteknologi Siswa SMP |
2 | Vendi Eko Susilo, S.Pd., M.Si (DPA) | YENI FIRDAYANTI (Lulus) DWI NOVIANTO DHARMA | Analisis Miskonsepsi Biologi Pada Guru IPA Di Kabupaten Jember (Accepted in http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/view/5678) Pembelajaran Ipa menggunakan permainan tradisional terhadap motivasi dan hasil belajar siswa smp di daerah perkebunan kopi |
3 | Ika Lia Novenda, S.Pd., M.Pd (DPA) | SYLVIA RIMBANITA P. (Lulus) DWI YOGA BRILLIANTO | Etnobotani Tanaman Kakao Oleh Masyarakat Kabupaten Jember Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Ilmiah Populer (Accepted in jurnal.biounwir.ac.id/index.php/mangiferaedu/index) Efektivitas media ecofunopolly terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP di area perkebunan the Bantaran Kabupaten Blitar |
4 | Siti Murdiyah, S.Pd., M.Pd | SISKA APRILIANI DEWI MASITOH SHOLIHAH | Identifikasi Dan Distribusi Patogen Layu Semu Di Perkebunan Kopi Renteng Kabupaten Jember Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Panduan Lapang Identifikasi Dan Fungi Endofit Di Perkebunan Kopi Renteng Kabupaten Jember Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Panduan Lapang Pengembangan Modul IPA Bilingual Berbasis Problem Based Learning dengan Muatan Kearifan Lokal |
5 | Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd (DPA) | KRISIANTI AYU MONITA | Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Local Wisdom Untuk Meningkatkan HOTS Siswa SMP |
6 | Ulin Nuha, s.Pd., M.Pd | – | Anggota baru |
7 | Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc | – | Anggota baru |
8 | Rusdianto, S.Pd., M.Kes | – | Anggota baru |
- Pengembangan SDM dari unsur Peneliti Dosen (dapat berupa Seminar, Training, Magang, study Visit) dst
No. | Nama | NIP./NIDK | Nama Kegiatan |
1. | Anjar Putro Utomo, S.Pd., M.Ed | 760016856 | STEM Academy in Shizuoka University-Japan |
- Aktivitas
No. | Nama Kegiatan | Sifat (rutin/incidental) | Sumber Pendanaan |
1. | FGD penelitian KeRis | Rutin 1 bulan sekali | – |
2. | Penelitian dengan judul: Studi Etnobotani Kopi dan Kakao oleh Masyarakat Lokal Eks-Karesidenan Besuki serta Pemanfaatannya sebagai Buku Ilmiah Populer | 2018-2019 | Hibah KeRis UNEJ |
3. | Penelitian dengan judul: Pengembangan animal&Plant Taxon Adventure (APTA) Sebagai Kearifan Lokal di Era 4.0 Melalui Pendekatan Ssi (Socio-Scientific Issue) Terhadap Level Kemampuan Analisis Siswa SMP dan Persepsi MGMP Guru IPA | 2019-2020 | Hibah KeRis UNEJ |
4. | Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP | 2020-2021 | Hibah KeRis UNEJ |
- Output KeRis
- Tuliskan output KeRis dalam able contoh berikut, baik berupa Publikasi, HKI, rekomendasi kebijakan, skripsi/thesis/disertasi (hanya yang sudah meluluskan), karya seni & purwarupa dll.
- Outcome/Impact: deskripsikan outcome yang diharapkan sebagai target akhir dari penelitian.
No. | Judul Penelitian | Output | Outcome | |||
1. | Studi Etnobotani Kopi dan Kakao oleh Masyarakat Lokal Eks-Karesidenan Besuki serta Pemanfaatannya sebagai Buku Ilmiah Populer | Buku Siswa SMP/MTs Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Lingkungan Perkebunan Kopi
|
Buku ini dapat digunakan sebagai buku suplemen di sekolah terkait materi “Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan” | |||
2. | Pengembangan animal&Plant Taxon Adventure (APTA) Sebagai Kearifan Lokal di Era 4.0 Melalui Pendekatan Ssi (Socio-Scientific Issue) Terhadap Level Kemampuan Analisis Siswa SMP dan Persepsi MGMP Guru IPA | HKI | Game APTA dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran digital yang sesuai dengan Era Industri 4.0 dewasa ini di SMP/MTs | |||
3. | Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains Dengan Pendekatan STEM Terhadap Hots Siswa Smp | Accepted in Jurnal Pendidikan Sains (JPS)
SINTA 3
https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA
|
Artikel ini dapat menjadi rujukan peneliti berikutnya untuk mengembangkan pembelajaran di IPA di daerah Perkebunan |