Kelompok Riset

1. KERIS 1 Esse (Earth and Space Science Education)

Koordinator Keris ESSE : Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Anggota : 1. Dr. Supeno, S.Pd, M.Si 2. Dr. Iwan Wicaksono, S.Pd, M.Pd 3. Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd, M.Pd   A. Definisi Keris ‘Earth and Space Science and Education (ESSE)’ adalah kumpulan para dosen S1 Pendidikan IPA, yang berfokus dalam pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan secara khas untuk kebutuhan pedagogis mengajar konten yang tepat dalam konteks tertentu. Kerangka (ESSE) berfungsi sebagai sebuah teori dan konsep untuk peneliti dan pendidik dalam mengukur kesiapan calon guru dalam mengajar secara efektif dengan teknologi. Pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten disintesis dan digunakan untuk desain pengalaman belajar siswa. Setiap unsur dari bidang pengetahuan menggambarkan sebuah kebutuhan dan pentingnya aspek dalam proses belajar mengajar. B. Visi dan Misi
  1. Visi:
Kelompok peneliti yang unggul dalam inovasi dalam mengajar secara efektif dengan bantuan teknologi dan berbagai prosedur yang kompleks dalam bidang interaksi pengetahuannya.
  1. Misi:
  2. Terdapat kajian materi dan karakteristik IPA dan teknologi yang sesuai kebutuhan pembelajaran di sekolah.
  3. Tersedia kajian teoretis tentang kebutuhan pedagogis mengajar konten yang tepat dalam konteks
  4. Tersedia kajian empiris tentangn hasil-hasil penelitian penerapan pendekatan dan model pembelajaran yang berbantuan teknologi.
  5. Terdapat temuan sarana pendukung pembelajaran IPA yang tepat untuk mendukung pemanfataan teknologi.
C. Mandat/tujuan 1. Tujuan Umum: Inovasi dalam mengajar secara efektif dengan bantuan teknologi dan berbagai prosedur yang kompleks dalam bidang interaksi pengetahuannya. 2. Tujuan Khusus: Membekali kompetensi dan kemampuan calon guru mahasiswa S1 Pendidikan IPA terhadap pemahaman teknologi, pedagogik dan konten. 3. Urgensi Penelitian: Peranan guru sangat penting abad ke-21 ini sudah seharusnya guru di Indonesia mampu memberikan kontribusi positif dalam hal pembangunan manusia Indonesia. Kontribusi tersebut dapat berupa upaya memperbaiki proses pembelajaran di kelas secara berkelanjutan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran dapat menjadi alternatif solusi.  Ketika teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat cepat dan mulai memasuki sekolah dengan merata, dan anak-anak mulai terbiasa menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam kesehariannya, sudah saatnya guru-guru mulai menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajarannya. Akan tetapi mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di kelas merupakan  tantangan  yang  tidak  mudah  dihadapi. Kerangka ESSE sangat penting yang muncul saat ini dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru profesional maupun calon guru. ESSE mengacu pada pengetahuan mengenai strategi pembelajaran dan teknologi yang sesuai, perpaduan antara pengetahuan konten, pedagogis, dan teknologi di kelas, serta penerapan  strategi  pembelajaran  yang bervariasi.
  1. Luaran yang Ditargetkan:
  2. Kajian tentang ‘ESSE dalam pembelajaran IPA’
  3. Media pembelajaran berbasis ESSE
  4. Strategi-strategi belajar mengajar berbasis ESSE
  5. Laboratorium Virtual
  6. Publikasi: Jurnal, Prosiding, HAKI
  7. Tingkat Kebaruan:
Proses menemukan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran IPA (buku ajar, diktat, modul, petunjuk praktikum, LKS, dan media) berbasis ESSE yang dapat membekali kompetensi  dan  kemampuan  yang harus dimiliki  oleh guru  terutama  dalam mengajar terdiri atas 3 indikator yang saling terhubung, antara lain pemahaman teknologi, pedagogis, dan konten. Satu kesatuan kerangka kerja (framework) ESSE yang dibentuk yang dapat membantu guru dan calon guru untuk memiliki perkembangan perencanaan yang dilakukan secara profesionalitas. 4. Kontribusinya dalam Mendukung Pengembangan IPTEK Kemajuan teknologi informasi yang sedemikian pesatnya, adalah sebuah keniscayaan bahwa guru dan calon guru harus menguasai teknologi untuk kemudian digunakan sebagai media pendukung dalam kegiatan pembelajaran. ESSE dalam pembelajaran IPA memberikan pemahaman meliputi: (1) Technological Knowledge mengarahkan pada kemampuan untuk mengadaptasi dan mempelajari teknologi baru; 2) Content Knowledge (CK). Content Knowledge mengarah kepada pengetahuan atau kekhususan disiplin ilmu atau materi pelajaran; dan 3) Pedagogical Knowledge mengarahkan pada keterampilan pendidik dalam mengelola dan mengorganisasikan pengajaran dan aktivitas pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berkembang dan banyaknya penerapan ESSE pembelajaran IPA di sekolah meningkat, yang selanjutnya kompetensi input Pendidikan Tinggi (PT) meningkat, mutu lulusan PT meningkat, mutu SDM meningkat, dan IPTEK meningkat. 5. Road Map Penelitan Keris ESSE 6. Capaian Hibah Keris ESSE Output KeRis
No Output
1 Buku teks ber-ISBN dengan judul “Media PhET (Physics Education Technology) untuk Pembelajaran IPA di SMP”, yang diterbitkan melalui CV. RFM Pramedia dengan ISBN: 978- 623-6727-70-6.
2 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2020 PhET (Physics Education Technology) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan ISSN: 2527 5917
3 Asiyah Handayanti/NIM 160210104022 Judul Skripsi: Pengaruh Media PhET (Physics Education Technology) pada Pembelajaran IPA Materi Getaran dan Gelombang terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMP Tanggal Lulus: 15 September 2020
4 Bella Wisma Gatika Sari/ NIM 160210104029 Judul Skripsi: Penerapan Aplikasi PhET untuk Pembelajaran Materi Suhu dan Kalor di SMP Tanggal Lulus: 7 September 2020
5 Achman Fatoni Azis/NIM 160210104036 Judul Skripsi: Efektivitas Penggunaan Media PhET untuk Pembelajaran IPA Materi Tekanan di SMP Tanggal Lulus: 7 September 2020
 
No Outcome
1 Target akhir penelitian yaitu menghasilkan media pembelajaran simulasi interaktif PhET untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP yang memenuhi kelayakan pada validitas, kepraktisan dan keefektifan.
2 Produk buku “Media PhET (Physics Education Technology) untuk Pembelajaran IPA di SMP” yang telah dihasilkan, disebarluaskan kepada Guru mata pelajaran IPA di SMP Eks-Karisidenan Besuki yang telah dipilih menjadi sampel penelitian meliputi: MTsN 1 Jember, SMPN 1 Prajekan Bondowoso, SMPN 5 Situbondo, dan SMPN 2 Srono Banyuwangi. Produk buku ini diharapkan dapat bermanfaat antara lain: media pembelajaran PhET dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berfikir kritis siswa
3 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2020 dapat dijadikan sebagai sumber referensi untuk penelitian yang relevan.

2. KERIS 2 Life Science Education (LSE)

Nama KeRis                : Life Science Education (LSE) Level KeRis                 : Prodi Koordinator KeRis
  1. Nama Lengkap : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd
  2. NRP : 760016791
  3. NIDN : 2107028901
  4. Jabatan Fungsional : –
  5. Jumlah Anggota KeRis: 4 orang
  1. Efisiensi & Keterlibatan Anggota Peneliti KeRis dari unsur dosen
No. Nama NIP./NIDK Aktivitas KeRis
1. Anjar Putro Utomo, S.Pd., M.Ed 760016856 Ketua penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP”
2. Vendi Eko Susilo, S.Pd., M.Si 760015709 Anggota penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP”
3 Ika Lia Novenda, S.Pd., M.Pd 760014635 Anggota penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP”
4 Siti Murdiyah, S.Pd., M.Pd 197905032006042001 Anggota penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP”
5 Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd 760016791 Anggota penelitian KeRis dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP”
6 Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd 199009192019032025 Anggota baru
7 Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc 1988062220192015 Anggota baru
8 Rusdianto, S.Pd., M.Kes 199007312019031007 Anggota baru
  1. Efisiensi & Keterlibatan Anggota Peneliti KeRis dari unsur mahasiswa
No. Nama Anggota KeRis sbg DPU/DPA Nama Mahasiswa Bimbingan Judul Skripsi/Thesis/Disertasi
1 Anjar Putro Utomo, S.Pd., M.Ed (DPA) NISA DEWI ARISKA         DYAH INTAN PRISMASARI (Lulus)       RIZKY NUR IZZA BILLAH (Lulus)     TRI PUJI SANTOSO (Lulus)     ZIDNA QURROTA AINI (Lulus)     LAILATUL BULGIS (Lulus)     Identifikasi Dan Distribusi Patogen Layu Semu Di Perkebunan Tembakau  Kabupaten Jember Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Panduan Lapang   Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hots Siswa Smp (Accepted in JPS https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA)   Pengembangan Hands-on and Minds-on Cooked Modul (HMC-Modul) Berbasis Pendekatan Socio-Scientifif Issues (SSI) Outdoor Activites Setting Melalui Agro Karifan Lokal di Area Pegunungan Semeru.   Pengaruh Pendekatan STEAM Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Enigineering Process Skills Siswa SMP Di Era 4.0   Etnobotani Tanaman Kopi Oleh Masyarakat Kabupaten Banyuwangi Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Ilmiah Populer (In-Review in https://journal.umy.ac.id/index.php/pt)   Pengaruh Pendekatan STEM Dengan Apropriate Technology-Laminar Air Flow Terhadap Literasi Bioteknologi Siswa SMP  
2 Vendi Eko Susilo, S.Pd., M.Si (DPA) YENI FIRDAYANTI (Lulus)   DWI NOVIANTO DHARMA     Analisis Miskonsepsi Biologi Pada Guru IPA Di Kabupaten Jember (Accepted in http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi/article/view/5678)   Pembelajaran Ipa menggunakan permainan tradisional terhadap motivasi dan hasil belajar siswa smp di daerah perkebunan kopi
3 Ika Lia Novenda, S.Pd., M.Pd (DPA) SYLVIA RIMBANITA P. (Lulus)     DWI YOGA BRILLIANTO   Etnobotani Tanaman Kakao Oleh Masyarakat Kabupaten Jember Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Ilmiah Populer (Accepted in jurnal.biounwir.ac.id/index.php/mangiferaedu/index)   Efektivitas media ecofunopolly terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP di area perkebunan the Bantaran Kabupaten Blitar
4 Siti Murdiyah, S.Pd., M.Pd SISKA APRILIANI       DEWI MASITOH     SHOLIHAH   Identifikasi Dan Distribusi Patogen Layu Semu Di Perkebunan Kopi Renteng Kabupaten Jember Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Panduan Lapang   Identifikasi Dan Fungi Endofit Di Perkebunan Kopi Renteng Kabupaten Jember Serta Pemanfaatannya Sebagai Buku Panduan Lapang   Pengembangan Modul IPA Bilingual Berbasis Problem Based Learning dengan Muatan Kearifan Lokal
5 Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd (DPA) KRISIANTI AYU MONITA   Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Local Wisdom Untuk Meningkatkan HOTS Siswa SMP
6 Ulin Nuha, s.Pd., M.Pd Anggota baru
7 Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc Anggota baru
8 Rusdianto, S.Pd., M.Kes Anggota baru
 
  1. Pengembangan SDM dari unsur Peneliti Dosen (dapat berupa Seminar, Training, Magang, study Visit) dst
No. Nama NIP./NIDK Nama Kegiatan
1. Anjar Putro Utomo, S.Pd., M.Ed 760016856 STEM Academy in Shizuoka University-Japan
 
  1. Aktivitas
disebutkan aktivitas yang sudah dilakukan KeRis baik yang bersifat rutin maupun ncidental, beserta dana pendukung (baik internal maupun hibah eksternal) sebagaimana contoh berikut:
No. Nama Kegiatan Sifat (rutin/incidental) Sumber Pendanaan
1. FGD penelitian KeRis Rutin 1 bulan sekali
2. Penelitian dengan judul: Studi Etnobotani Kopi dan Kakao oleh Masyarakat Lokal Eks-Karesidenan Besuki serta Pemanfaatannya sebagai Buku Ilmiah Populer   2018-2019 Hibah KeRis UNEJ
3. Penelitian dengan judul: Pengembangan animal&Plant Taxon Adventure (APTA) Sebagai Kearifan Lokal di Era 4.0 Melalui Pendekatan Ssi (Socio-Scientific Issue) Terhadap Level Kemampuan Analisis Siswa SMP dan Persepsi MGMP Guru IPA 2019-2020 Hibah KeRis UNEJ
4. Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains dengan Pendekatan STEM Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa SMP 2020-2021 Hibah KeRis UNEJ
  1. Output KeRis
  2. Tuliskan output KeRis dalam able contoh berikut, baik berupa Publikasi, HKI, rekomendasi kebijakan, skripsi/thesis/disertasi (hanya yang sudah meluluskan), karya seni & purwarupa dll.
  3. Outcome/Impact: deskripsikan outcome yang diharapkan sebagai target akhir dari penelitian.
Produk Hibah Keris Life Science  
No. Judul Penelitian Output Outcome
1. Studi Etnobotani Kopi dan Kakao oleh Masyarakat Lokal Eks-Karesidenan Besuki serta Pemanfaatannya sebagai Buku Ilmiah Populer   Buku Siswa SMP/MTs Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Lingkungan Perkebunan Kopi
                       
Buku ini dapat digunakan sebagai buku suplemen di sekolah terkait materi “Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan”
2. Pengembangan animal&Plant Taxon Adventure (APTA) Sebagai Kearifan Lokal di Era 4.0 Melalui Pendekatan Ssi (Socio-Scientific Issue) Terhadap Level Kemampuan Analisis Siswa SMP dan Persepsi MGMP Guru IPA HKI                   Game APTA dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran digital yang sesuai dengan Era Industri 4.0 dewasa ini di SMP/MTs
3. Pengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Berbasis Agrosains Dengan Pendekatan STEM Terhadap Hots Siswa Smp Accepted in Jurnal Pendidikan Sains (JPS) SINTA 3 https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA
           
Artikel ini dapat menjadi rujukan peneliti berikutnya untuk mengembangkan pembelajaran di IPA di daerah Perkebunan

3 KERIS 3 Physical Science and Education

Koordinator: Pramudya Dwi Aristya Putra, Ph.D. Anggota: Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si Prof. Dr. Sutarto, M.Pd. Prof. Dr. Indrawati, M.Pd. Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis

Pengembangan SDM

1.Aktif sebagai anggota dan pengurus Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII) 2.Aktif sebagai Anggota dan Eksekutif Member pada East-Asian Association for Science Education 3.International Conference on Physics and Mathematics for Biological Science. 4.The 1st Internasional Conference on Science Technology Engineering and Mathematics Education. 5.The 12th International Interdisciplinary Studies Seminar 6.International Seminar: Implementation of Online Collaborations Tools During COVID 19. 7.Workshop Nasional “Penelitian Pendidikan Sains di Era New Normal, antara Kreativitas dan Tantangan” 8.Webinar Nasional “Membangun literasi, hands-on Skill, dan Synchronous Learning”  
Translate »