Optimalisasi Pemanfaatan Media Online dalam Pembelajaran IPA di Masa Pandemi

Optimalisasi Pemanfaatan Media Online dalam Pembelajaran IPA di Masa Pandemi

 

 Wabah covid-19 terutama di Indonesia memberikan dampak dalam bidang pendidikan yaitu pemberhentian sementara kegiatan belajar mengajar secara tatap muka baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Pembelajaran alternatif yang digunakan semasa pandemi covid 19 adalah pembelajaran online atau daring yang bertujuan untuk mengatasi kegiatan pembelajaran secara tatap muka di kelas. Akan tetapi dalam implementasinya, terdapat tantangan yaitu kesulitan guru dalam melakukan pembelajaran online.

Sehingga  untuk mengembangkan keahlian guru dalam pembelajaran online, Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember melakukan Kerjasama dengan MGMP IPA Kabupaten Bondowoso untuk melakukan pelatihan optimalisasi pemanfaatan media online dalam pembelajaran IPA di masa pandemi. Hal ini disambut baik oleh Prof. Drs. Dafik, M.Sc. Ph.D selaku Dekan FKIP Universitas Jember, dan diteruskan langsung ke prodi Pendidikan IPA yaitu Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. selaku ka.prodi P.IPA. Ka.prodi P.IPA menunjuk Dr. Sri Wahyuni, S.Pd, M.Pd, Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd, M.Pd, Ph.D, dan Dr. Rifati Dina Handayani, S.Pd, M.Si sebagai pemateri. Terselenggaralah Webinar dengan tema “Optimalisasi pemanfaatan media online dalam pembelajaran IPA di masa pandemi” secara daring pada hari Rabu, 19 Agustus 2020 di Prodi P.IPA FKIP Universitas Jember.

Pembukaan acara webinar ini dilakukan oleh Endang Pujiastutik, S.Pd, M.Pd selaku Pembina MGMP IPA Kabupaten Bondowoso, dan sambutan dari ketua MGMP Juwandoko, M.Pd. Acara ini dihadiri oleh anggota MGMP IPA Kabupaten Bondowoso dan Guru IPA Sebanyak 75 peserta. Webinar “Optimalisasi pemanfaatan media online dalam pembelajaran IPA di masa pandemi” sebagai tema acara yang dipandu oleh Moderator Ika Rahmawati, S.Pd. M.Pd

Acara ini dianggap perlu dilakukan karena melalui pembelajaran online, siswa tidak perlu untuk berkumpul di kelas dalam arti sebenarnya secara bersama-sama, tetapi bisa menggunakan media e-learning, website, atau teleconference sehingga akan tetap terjadi hubungan komunikasi antara guru dan siswa. Contoh penggunaan pembelajaran berbasis website adalah google classroom dan Edmodo, yang berorientasi pembelajaran berbasis Learning Managemen System (LMS). Penggunaan LMS dalam kegiatan pembelajaran ini memiliki keunggulan antara lain 1) terhubungnya komunikasi yang dibangun secara dua arah; 2) pengaturan kelas maya sebagaimana kelas sebenarnya; 3) layanan data yang diperlukan tidak begitu besar jika dibandingkan dengan penggunaan teleconference.

(Ketua MGMP Bondowoso, Kepala SMPN Satu Atap Maesan Bondowoso, dan Pemateri dari Dosen Prodi Pendidikan IPA)

Harapan dari prodi P.IPA pada kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman guru-guru IPA di Kabupaten Bondowoso dalam pengelolaan pembelajaran melalui media online, sehingga mampu meningkatkan self-efficacy guru dalam mengajar melalui pembelajaran online selama masa pandemi Covid 19. (Sri W)

Translate »