Workshop Peningkatan kemampuan soft skill dan hard skill mahasiswa melalui kegiatan akademik dengan melibatkan praktisi pada perkuliahan di prodi S-1 Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember (Hari Kedua)

Hari kedua Minggu tanggal 4 April 2021 ada 3 pembicara dalam Peningkatan Kualitas Softskill Dan Hardskill Mahasiswa Melalui Kegiatan Akademik Dengan Melibatkan Praktisi Pada Perkuliahan Di Prodi S-1 Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember adalah Ely Mulyadi, S.E, M.Kom, Elga Renjana, S.Si, M.Si. dan Dr. Soesy Wulandari, M.Pd. Bapak Ely Mulyadi, S.E, M.Kom dari CV ESolusindo membawakan materi tentang Media Pembelajaran ICT. Materi Penerapan Kajian Struktur tumbuhan oleh Elga Renjana, S.Si, M.Si dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kebon Raya Purwodadi. Praktisi Praktikum Pembelajaran Dr. Soesy Wulandari, M.Pd dari SMPN 10 Jember.  Kegiatan ini dilaksanakan secara offline di Hotel Valonia, Jember dihadiri oleh segenap Dosen PIPA Unej. Selain itu peserta terdiri dari Mahasiswa Pendidikan IPA yang mengikuti melului Zoom meeting online.

Materi pertama disampaikan oleh Ely Mulyadi dari CV ESolusindo yang bergerak di bidang software developer seperti penyederhanaan surat keterangan desa, belanja marketplace dan aplikasi bidan yang diakses di Ponsel. Guru ataupun calon guru harus bisa menjembatani Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan Pendidikan di sekolah. Pengembangan TIK bisa mendukung pembelajaran, media, administrasi, sarana dan prasarana sekolah. Sistem managemen informasi sekolah akan mempermudah rekapitulasi rapot, pembayaran SPP dan presensi online untuk guru dan siswa. Sistem managemen informasi berbasis TIK mempermudah informasi berapa siswa dan guru yang rajin maupun suka terlambat.Materi kedua tentang struktur tumbuhan disampaikan oleh Elga renjana yang menjelaskan  ada 4 kebun raya konservasi tumbuhan di Indonesia yang dikelola oleh LIPI yaitu kebun raya bogor, Cibodas, Purwodadi dan Eka Karya Bali. Kebun raya Purwodadi merupakan Kawasan exsitu tumbuhan seluas 85 Ha yang dikenal Hortus Iklim Kering Purwodadi. Kebun raya Purwodadi didirikan 30 Januari 1941 oleh LGM Baas Becking. Sampai sekarang terdiri dari 11.748 spesimen (175 suku dan 928 marga). Selain Konservasi tumbuhan, berfungsi sebagai ekowisata, penelitian dan konservasi air. Beberapa penelitian dalam kebun raya Purwodadi seperti pertelaan daun, bunga, buah dan biji. Penelitian biji dari luar hingga dalam sampai perekecambahan biji.

Kultur jaringan juga dilakukan pada anggrek, dan tumbuhan langka dan terancam punah. Tumbuhan yang dikonservasi adalah tumbuhan dari galur murni dan belum disilangkan. Beberapa jenis anggrek yaitu Dendrobium, paphiodium, vanda limbata blume dan spatogottis plicata.

Pemateri ketiga adalah Dr. Soesy Wulandari dari SMPN 10 Jember yang disampaikan guru SMP terkait pembelajran di sekolah dengan menyiapkan data nama siswa hingga perbaikan soal. Praktikum menjadi sulit dilakukan di era pandemi. Pelaksanaaan praktikum meliputi membagikan materi melalui grup whatsapp, diskusi melalui zoom meeting dan praktikum. Praktikum rangkaian listrik terhambat akibat sulitnya memantau praktikum dan siswa tidak memiliki adaptor dan kit praktikum tersebut. Sesuai arahan Mendikbud Nadiem M, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)sudah  dibuat satu halaman namun permasalahanya lampiran tetap memiliki banyak halaman.

Penugasan dilakukan dengan cara siswa menonton video pembelajaran yang dibuat oleh guru tentang rangkaian listrik untuk membuktikan hukum Ohm. Rangkaian pertama, dua lampu dirangkai secara seri dan dihubungkan dengan sumber tegangan. Kemudian rangkaian tadi dibandingkan dengan rangkaian kedua adalah dua lampu yang dirangkai secara paralel. Sumber tegangan yang digunakan adalah 3V kemudian siswa disuruh analisis kedua rangkaian listrik tersebut. Siswa diarahkan untuk mengamati dua lampu yang dirangkai seri dengan parallel. Nanti akan terlihat lampu yang menyala terang dan mana yang menyala lebih redup walaupun jenis lampu dan tegangannya sama. Guru mengarahkan siswa pada kesimpulan yang benar sesuai harapan guru.

Pada akhir materi dilakukan sesi Sesi Tanya Jawab

Pertanyaan 1: Difia Margaret kepada Elga Renjana

Struktur daun dan bunga yang berbeda disebabkan oleh apa?

Ada fase generatif bunga pada tumbuhan. Perbedaan genetis akan menyebabkan jenis, varian dari spesies dari tumbuhan itu sendiri. Ada juga Bunga yang disebabkan oleh mutasi genetis menghasilkan varian yang berbeda walaupun satu spesies. Persilangan akan mengubah struktur atau perubahan genetik.

Pertanyaan 2: Apakah ada perencanaan untuk memperbanyak tumbuhan?

Target konservasi misalnya tumbuhan endemik di papua. Konservasi juga dilakukan jika koleksi di kebun raya tidak ada. Pertimbangan habitat juga perlu diperhatikan. Metode pengambilan tumbuhan dengan meneliti termasuk supaya bertahan di perjalanan dan bisa hidup di kebun exsitu.

Pertanyaan 3: Lailatul Hikmah

Biji yang apa yang butuh waktu bertahun-tahun untuk tumbuh?

Biji yang karakteristiknya berkulit keras seperti palm peralihan di pantai yang membutuhkan proses 20 tahun untuk bisa berkecambah secara alami.

Pertanyaan 4: Bagaimana dengan penerapan teknologi untuk sekolah-sekolah yang ada di pinggiran? Sedangkan disana akses Informasi sangat sulit.

Moodle bisa menjadi solusi media pembelajaran yang cukup mudah. Perlu dibangun infrastruktur seperti jaringan internet yang perlu kerjasama dengan desa, kecamatan dan kominfo dan internet provider. Dibutuhkan teknologi hardware seperti handphone dan computer.

Pertanyaan 5: Bagaimana mengajukan Studi lapangan Prosedur Kultur jaringan?

Kerjasama untuk studi lapanagan terkait hal tersebut dengan mengajukan proposal LIPI Kebun Raya Purwodadi. (Nur)

Translate »